Minggu, Maret 16, 2014

Botani (Biologi Talk About Environment) 2016

Hari bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2016 kemarin merupakan suatu momentum yang pas bagi kita dalam merefleksi kembali kondisi bumi kita yang telah sesak akan sampah. Hari bumi umumnya diperingati dengan suatu acara yang mengajak orang-orang disekitar kita untuk lebih memperhatikan masalah lingkungan. Layaknya aksi penyelamatan lingkungan, umumnya bertepatan dengan hari bumi tersebut banyak dilakukan kegiatan-kegiatan peduli lingkungan untuk merawat kembali bumi kita.
Seperti halnya yang dilakukan oleh mahasiswa jurusan Biologi. Dalam rangka memperingati hari bumi dan mengingatkan kembali rasa pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, mahasiswa biologi yang dinaungi dalam HMJ Biologi yakni departemen P&K bekerjasama dengan  Dept. Pengmasling mengadakan kegiatan perlombaan untuk memperingati hari bumi tersebut sebagai salah satu dari progja P&K yaitu BOTANI (BIOLOGI TALK ABOUT ENVIRONMENT). Diantaranya adalah lomba poster./slogan dengan bertemakan lingkungan yang dibuat dari barang bekas dengan memperhatikan prinsip reuse, reduce dan recycle. Hasilnya, bermacam-macam poster dibuat oleh mahasiswa perwakilan kelas dengan bentuk dan kreativtas yang beranekaragam. Prinsip penggunaan barang bekas menjadi suatu poster bertemakan lingkungan menjadi suatu daya tarik tersendiri dalam perlombaan ini. Alhasil, terdapat banyak poster /slogan buatan mahasiswa bertemakan lingkungan dengan kreativitas yang tinggi dan hasil yangmempunyai kwalitas dan nilai-nilai lingkungan yang sangat mendukung akan perkembangan bumi kedepannya .
Selain kegiatan terebut, dalam rangka memperingati hari bumi yang jatuh pada 22 April 2016, HMJ Biologi mengadakan lomba menanam tanaman gantung di koridor jurusan Biologi. Pada dasarnya program ini bertujuan untuk menumbuhkan sikap melestarikan lingkungan di masyarakat biologi pada umumnya dan mahasiswa biologi pada khususnya. Dalam kegiatan tesebut, mahasiswa diharapkan dapat langsung mengaplikasikan sikap peduli lingkungan dengan menaman pot gantung di jurusan biologi. Hasilnya, koridor jurusan pun penuh akan tanaman hias dengan diwarnai dengan pot hias yang beraneka ragam, sehingga koridor biologi menjadi rindang, hijau dan segar dilihat mata.
Dalam kegiatan ini kreatifitas mahasiswa dapat berkembang dalam hal lingkungan, sehingga dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari demi kelestarian lingkungan dimasa yang akan datang agar tetap stabil dan hijau asri.
Load disqus comments

0 komentar